7 Cara Untuk Mengurangi Kolesterol Secara Alami, Terbukti dengan Mudah dan Efektif!

Tingkat kolesterol bervariasi sesuai dengan usia, berat dan jenis kelamin setiap orang. Secara umum, kadar kolesterol total normal pada orang dewasa tidak melebihi 200 mg / dL. Sementara itu, direkomendasikan bahwa kadar kolesterol LDL di bawah 100 mg / dL dan kadar kolesterol HDL setidaknya 60 mg / dL atau lebih tinggi.

Apakah Anda memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi? Anda ingin menurunkan kolesterol tetapi Anda tidak tahu caranya? Temukan penjelasan berikut!

1. Kurangi lemak jenuh dan lemak trans
Kolesterol terkait erat dengan makanan yang kita makan. Cobalah untuk menghindari konsumsi lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenuh biasanya ditemukan dalam daging merah, produk susu tinggi lemak, mentega, minyak kelapa, dan keju. Kita harus membatasi lemak jenuh, maksimum 10% dari kebutuhan kalori harian, saran Medline Plus.

Sementara itu, lemak trans tidak kalah berbahaya. Asam lemak trans buatan berasal dari proses hidrogenasi. Ini adalah proses di mana hidrogen ditambahkan ke minyak nabati untuk membentuk produk semi-padat yang disebut minyak terhidrogenasi parsial, kata situs web Health Line. Contoh makanan yang mengandung lemak trans adalah makanan cepat saji (hamburger, kentang goreng, hot dog), popcorn, kue, donat, dan sebagainya.

2. Konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan serat
Asam lemak omega-3 adalah jenis lemak tak jenuh. Secara umum, omega 3 ditemukan dalam salmon, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak ikan. Manfaat asam lemak omega-3 sangat luar biasa, yaitu meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, dan menurunkan tekanan darah, kata situs web India Times. .

Minimal, kita harus mengonsumsi antara 250 dan 500 mg EPA dan DHA setiap hari untuk manfaat kesehatan maksimum. Di sisi lain, Anda harus menambah makanan tinggi serat larut. Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah. Makanan yang kaya akan serat larut termasuk jelai, gandum, kacang-kacangan, ara, kentang, biji-bijian, apel, dan beri.

3. Tambahkan lebih banyak protein whey
Tahukah Anda apa itu protein whey? Pada dasarnya, susu mengandung dua jenis protein utama, yaitu kasein (80%) dan whey (20%). Protein whey mengandung asam amino esensial dan cepat diserap oleh tubuh. Manfaatnya adalah peningkatan kekuatan, pembentukan otot dan pengurangan lemak tubuh, kata Health Line.

Selain itu, protein whey dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan tekanan darah. Sekadar informasi, kolesterol LDL juga disebut kolesterol jahat. Kadar LDL yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri, kata Medline Plus. Kolesterol LDL yang baik tidak boleh melebihi 100 mg / dL.

4. Sering berolahraga dan aktivitas fisik
Tentu saja, Anda tahu bahwa olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya dapat meningkatkan kolesterol HDL (high density lipoprotein). Tidak seperti LDL, kolesterol HDL disebut kolesterol baik. HDL membantu menghilangkan kolesterol jahat dari aliran darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, kata laman Mayo Clinic.

Kadar kolesterol HDL baik setidaknya 60 mg / dL atau lebih tinggi. Anda bisa mempraktikkan berbagai aktivitas fisik, seperti jalan cepat, bersepeda, berlari di sore hari, atau sekadar berjalan naik turun tangga. Aktivitas ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Lakukan secara teratur, itu akan berhasil!

5. Berhenti merokok
Seperti kita ketahui, merokok memiliki sejumlah implikasi negatif pada tubuh. Ini termasuk penyumbatan arteri, melemahnya tulang, peningkatan peradangan, melemahnya sistem kekebalan tubuh, peningkatan risiko penyakit jantung dan peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL). ), jelas situs web MD.

Asap rokok dapat meningkatkan kolesterol LDL dan kadar lemak darah (trigliserida). Akibatnya, plak akan terbentuk di arteri dan mengurangi kadar kolesterol baik. Ini meningkatkan risiko pembekuan darah, menghambat aliran darah ke jantung, menyebabkan serangan jantung dan stroke. Ngeri!

6. Menurunkan berat badan
Jika Anda kelebihan berat badan, tidak ada salahnya kehilangan sedikit pun. Bahkan, kehilangan 5% dari berat badan Anda dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Selain itu, jika kita menurunkan berat badan dan makan makanan sehat, tingkat kolesterol baik akan meningkat 30%, menurut laman web MD.

Menurunkan berat badan tidak mudah. Kita harus konsisten, disiplin, dan niat untuk melakukannya. Cobalah metode diet yang efektif tetapi tidak berliku dan nyaman. Ini seperti melakukan olahraga ringan, mengurangi makan, minum banyak air, tidur 8 jam sehari, dll.

7. Hindari minum minuman beralkohol
Bir tidak mengandung kolesterol, tetapi mengandung karbohidrat dan alkohol yang dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah, jelas Health Line. Beberapa minuman beralkohol lainnya mengandung kadar gula yang tinggi, yang dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat.

Karena itu, jika Anda memiliki kolesterol tinggi atau jika keluarga Anda memiliki riwayat kolesterol, yang terbaik adalah menghindari minum minuman beralkohol. Konsumsi minuman beralkohol juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung, masalah kardiovaskular, dll. Saya tidak ingin itu terjadi, bukan?

Nah, berikut 7 hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol. Ingatlah untuk selalu tetap sehat, ya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *