Tanya Dokter Jantung: Cara Mengobati Penyakit Jantung yang Bisa Dicoba

Jantung merupakan organ tubuh manusia yang memiliki otot-otot jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Umumnya, jantung memompa darah sebanyak 7 liter setiap menitnya dan berdenyut sebanyak 72 kali untuk setiap menitnya. Terdapat empat katup di jantung yaitu katupmitral yang berada di bilik kiri dan serambi kiri, katup aorta yang berada di aorta dan bilik kiri, katup trikuspin yang berada di bilik kanan dan serambi kanan, katup pulmonalis berada di arteri pulmonalis dan bilik kanan. Beberapa bagian jantung yang tidak berfungsi seharusnya dapat melakukan tanya dokter jantung dengan mengunduh aplikasi halodoc yang memberikan waktu yang efisien dengan dokter.

Serambi kanan menjadi tempat darah kotor, bilik kanan sebagai pemompa darah kotor menuju paru-paru sehingga karbondioksida akan ditukar dengan oksigen dengan sistem pernapasan, serambi kiri untuk menerima darah dari paru-paru, darah bersih yang memiliki kandungan oksigen dan bilik kiri yang menjadi bagian jantung paling tebal sehingga dapat memompa darah menuju seluruh tubuh. Jantung memiliki mengukur banyaknya darah yang dipompa dengan hitungan detak jantung setiap menitnya. Jantung yang tidak sehat akan memberikan gejala-gejala yang menyebabkan komplikasi atau disebabkan oleh penyakit lainnya.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit jantung diantaranya:

  • Jantung koroner, terjadi ketika pembuluh darah sebagai pengalir darah mengalami penyempitan yang dipicu oleh kolesterol yang menumpuk dan adanya pembekuan darah dalam arteri. Penyempitan ini membuat asupan oksigen menjadi berkurang.
  • Serangan jantung, dimana pasokan darah menuju jantung terhambat sehingga sel pada otot jantung rusak dan biasanya dialami oleh penderita jantung koroner dengan gejala sesak napas, keringat dingin maupun nyeri dada.
  • Aritmia, merupakan gangguan pada irama jantung yang tidak beraturan, lambat maupun cepat yang disebabkan oleh rangsangan listrik pada detak jantung mengalami gangguan dan biasanya disebabkan oleh penyakit serangan jantung, jantung koroner, kekurangan kalium dan adanya kalium dalam darah.

Selain itu, kardiomiopati yang merupakan gangguan yang terjadi pada otot jantung sebagai penyebab dari adanya bentuk maupun kekakuan pada otot sehingga tidak mampu memompa darah menuju seluruh tubuh. Awal penyakit ini biasanya tidak menunjukkan gejala dan disertai dengan jenis penyakit jantung lainnya. Gagal jantung merupakan kondisi jantung menjadi lemah dalam memompa darah menuju seluruh tubuh, biasanya memberikan komplikasi ederma paru, gagal ginjal, gagal hati dan henti jantung. Gagal jantung terjadi secara bertahap dan biasanya memberikan gejala seperti pembengkakan pada pergelangan maupun tungkai kaki, lebih cepat lelah, sesak napas dan mengalami nyeri dada setelah melakukan kegiatan fisik.

Berikut adalah cara mengatasi penyakit jantung diantaranya:

  • Menghilangkan stres dengan cara melakukan meditasi, olahraga maupun curhat dengan orang terpercaya atau bersantai.
  • Jaga berat badan dengan menghitung berat badan ideal.
  • Perbaiki makanan dengan menambahkan sayuran, buah maupun biji-bijian, mengurangi makanan beragam dan berlemak jahat.
  • Melakukan olahraga setidaknya 30 menit selama seminggu yang dilakukan 4 kali dan membakar kalori berlebih.

Selain itu, penderita perlu membatasi alkohol dan memeriksakan darah apakah terdapat kolesterol maupun kadar gula berlebih dalam darah. Dengan tanya dokter jantung maka dapat diketahui metode memasak yang sehat seperti dikukus maupun dipanggang dengan menghindari makanan yang digoreng. Sebaiknya mengganti garam dengan rempah pilihan seperti bawang putih dengan menambah jeruk untuk daging maupun sayuran sehingga akan memberikan rasa yang sama, saat mengolah daging sebaiknya membuang bagian lemaknya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *